hit tracker

Mujahidin Suriah Miliki Rudal OSA dari Hasil Ghanimah


suriah-mujahidin suriah miliki rudal osa hasil ghanimah-jpeg.imageSALAM-ONLINE: Sebuah video diunggah di situs YouTube pada 31 Juli 2013, yang menunjukkan salah satu faksi Mujahidin, Jabhah Tahrir Suriah Islamiyah (Front Pembebasan Suriah Islamiyah), yaitu Liwa Al Islam, telah memiliki sistem rudal OSA buatan Rusia, hasil ghanimah (rampasan perang).

Dalam video tersebut ditunjukkan sebuah layar monitor yang memantau gerakan rudal menghancurkan jet tempur Asad dengan menggunakan sistem rudal OSA buatan Rusia pada pertempuran sengit melawan tentara rezim Asad di kawasan Ghuthah Syarqiyyah di pinggiran ibukota Damaskus.

Sistem rudal merupakan ghanimah yang berasal dari paket bantuan persenjataan Rusia kepada rezim Syiah Nushairiyah pimpinan Asad. Dalam video lainnya ditunjukkan proses perampasan rudal OSA tersebut dari sebuah kendaraan amphibi pada 27 Juli 2013 lalu.

Rudal ini dikenal dengan 9K33 atau SA-8 Gecko, yaitu sebuah rudal anti pesawat terbang yang diaktifkan dan dioperasikan dari sebuah truk amphibi yang dilengkapi dengan sistem radar.  Mujahidin berhasil merebut truk tersebut dan mempelajari sistem rudalnya. Sebagai buktinya mereka berhasil menjatuhkan satu jet tempur milik Asad yang telah dikonfirmasi berikutnya berisi dua awak, yaitu Pilot Nizar Ghanem Wasim Rajab dan seorang kapten mekanik pesawat.

Jet tempur ini berhasil ditembak jatuh oleh Mujahidin Liwa Al Islam saat terbang di dekat Bandara Internasional Damaskus. Disebutkan pula bahwa jet tempur ini rencananya sedang bersiap menyerang Mujahidin di kawasan Mathahin tepi Damaskus, tapi, alhamdulillah, keburu ditembak Mujahidin. Allahu Akbar! (dari berbagai sumber/salam-online)

blog comments powered by Disqus