Laporan dari Gaza: Gencatan Senjata Selama Satu Bulan Telah Dimulai

Gaza-warga Gaza sambut gencatan senjata selama satu bulan-1-jpeg.image
Warga Gaza sambut gencatan senjata, Selasa (26) malam (Gaza Al An)

GAZA CITY (SALAM-ONLINE): Genjatan senjata agak lumayan panjang dari sebelum-sebelumnya antara Gaza dengan pihak penjajah (Zionis) telah dimulai. Kali ini gencatan senjata berlangsung satu bulan, dimulai pada Selasa (26/8) pukul 19.00 waktu Gaza-Palestina, demikian dilaporkan jurnalis Indonesia di Gaza, Abdillah Onim, Selasa (26/8) malam.

Dengan demikian selama satu bulan ini kedua pihak seharusnya menghentikan serangan. Pertanyaannya kemudian, benarkah dalam satu bulan ini pihak Zionis khususnya mematuhi gencatan senjata tersebut? Wallahu a’lam.

Dalam masa gencatan senjata ini pihak penjajah mengatakan menyetujui persyaratan yang telah disodorkan pihak pejuang Palestina. Salah satu isi (persyaratan) gencatan senjata yang disodorkan pejuang Palestina adalah dibukanya perbatasan Rafah antara Mesir dan Gaza untuk Palestina dan disusul pintu perbatasan lainnya.

Baca Juga

Gencatan senjata usulan Mesir ini, setidaknya untuk sementara berhasil menghentikan bombardir roket-roket kedua pihak. Pejuang Palestina akan memanfaatkan gencatan senjata ini untuk kepentingan warga Gaza khususnya.

Sementara itu media Zionis, seperti dikutip Anadolu Agency, Senin (25/8), telah mengonfirmasi pemerintahannya. Menurut media penjajah itu, pemerintahnya telah menerima tawaran dari Mesir untuk gencatan senjata, tetapi belum memberikan respon. Beberapa sumber menyebut, setelah satu bulan akan diupayakan gencatan senjata permanen, yang di antaranya akan memenuhi persyaratan yang disodorkan pihak Palestina untuk membuka semua pintu perbatasan. (Abdillah Onim/Anadolu Agency/salam-online)

Baca Juga