Indahnya Syahid Berjamaah Mujahidin Suriah

Suriah-Indahnya syahid berjamaah mujahidin suriah-jpeg.imageIDLIB (SALAM-ONLINE): Ketua Bidang Politik Mujahidin Jabhah Islamiyah dan sekaligus Amir Harakah Ahrar Asy-Syam Al-Islamiyah, Syaikh Hassan Abbud atau lebih dikenal dengan nama panggilan Abu Abdillah Al-Hamawi, gugur syahid, insya Allah, bersama sekitar 20 tokoh penting lainnya dalam kelompok jihad Ahrar Asy-Syam. Mereka gugur setelah serangan bom bercampur senjata kimia di kota Ram Hamdan, pinggiran Idlib utara, pada Selasa (9/9/2014) sore. Jenis serangan dan pelakunya belum terungkap dengan pasti.

Serangan itu membunuh sekitar 50 orang Mujahid, termasuk Amir Ahrar Asy-Syam Abu Abdillah Al-Hamawi, Ketua Umum Dewan Syariat Ahrar Asy-Syam Syaikh Abu Abdil Malik Asy-Syar’i dan komandan umum militer Ahrar Asy-Syam Syaikh Abu Aiman Raam Hamdan. Belasan komandan wilayah dan komandan lapangan Ahrar Asy-Syam turut syahid, insya Allah, dalam peristiwa tersebut.

Berita-berita yang sampai kepada koran Zaman Al-Wasl dari sumber-sumber yang dekat dengan Ahrar Asy-Syam seperti dikutip arrahmah.com, Rabu (10/9), mengatakan, serangan itu menargetkan “titik nol”, yaitu markas komandan umum militer Ahrar Asy-Syam, Abu Aiman, di dekat kota Ram Hamdan, pinggiran Idlib.

Berdasar sumber-sumber Zaman Al-Wasl dan pernyataan resmi Ahrar Asy-Syam, di antara para pemimpin, ulama dan komandan Ahrar Asy-Syam yang syahid dalam peristiwa tersebut adalah Abu Abdillah Al-Hamawi, Abu Yazin Asy-Syami, Abu Thalhah Al-Ghab, Abu Abdil Malik Asy-Syar’i, Abu Aiman Al-Hamawi, Abu Aiman Raam Hamdan, Idris, saudara kandung Abu Aiman, Abu Sariyah Asy-Syami, Muhibuddin Asy-Syami, Abu Yusuf Binnisy, Thalal Al-Ahmad Tamam, Abu Zubair Al-Hamawi dan Abu Hamzah Ar-Raqqah.

Sumber-sumber yang dekat dengan Ahrar Asy-Syam menyatakan para amir wilayah, ulama syariat dan komandan lapangan Ahrar Asy-Syam sedang menggelar musyawarah Majelis Syura Ahrar Asy-Syam di tempat tersebut. Rilis resmi singkat dari Ahrar Asy-Syam dan Jabhah Islamiyah mengatakan, “Ledakan belum diketahui dengan pasti penyebabnya.”

Baca Juga

Sebagian besar orang yang hadir dalam pertemuan tersebut gugur oleh serangan. Suasana duka cita dan pengurusan jenazah para syuhada’ menjadi aktivitas utama Ahrar Asy-Syam dan Jabhah Islamiyah di provinsi Idlib. Mereka tidak memberikan keterangan lebih lanjut tentang pembunuhan terhadap lebih dari 20 tokoh mereka tersebut.

Bagi kelompok jihad, Ahrar Asy-Syam secara khusus dan Jabhah Islamiyah secara umum, gugurnya para amir, ulama syariat, dan komandan mereka secara berjama’ah ini merupakan sebuah prestasi tersendiri di hadapan Allah dan kaum Muslimin. Allah Ta’ala berkenan memilih mereka, secara berjama’ah, dalam golongan syuhada’ di jalan-Nya setelah mereka bersama-sama menjalani jihad melawan rezim Nushairiyah Suriah selama tiga tahun lebih.

Berjuang bersama di jalan Allah dan gugur bersama di jalan Allah, insya Allah. Selamat atas gugurnya para ulama dan komandan Ahrar Asy-Syam di jalan Allah secara berjama’ah. Semoga Allah menerima amal shalih mereka, mengampuni dosa mereka, dan menempatkan mereka dalam surga yang tertinggi Al-Firdaus, dengan ridha-Nya. Aamiin. (muhib al majdi/arrahmah.com)

salam-online

Baca Juga