Ketua BKMT Sultra: “Sayang, Banyak Kaum Muslimin tak Tahu Tahun Baru Islam”

Kendari-Sekolah Negeri dan Swasta se-Kota Kendari (25-10), melakukan karnaval dari sekolah mereka kemudian berjalan kaki sekitar 2,5 km. (FOTO-ANTARA-Azis Senong)-jpeg.image
Sekolah Negeri dan Swasta se-Kota Kendari, Sabtu (25/10), melakukan karnaval dari sekolah mereka kemudian berjalan kaki sekitar 2,5 km. (Foto: ANTARA/Azis Senong)

KENDARI (SALAM-ONLINE): Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Sulawesi Tenggara Hj Masyura Illa Ladamay menyayangkan masih banyak kaum Muslimin yang tidak mengetahui peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram.

“Banyak umat Islam yang menganggap bahwa peringatan Tahun Baru Islam itu pada awal tahun atau pada penghujung bulan Desember,” katanya di Kendari, seperti dikutip Antara, Sabtu (25/10).

Maka, agar kaum Muslimin dapat memahami Tahun Baru Islam itu sebagai tahun barunya, sudah sewajarnya saat memasuki penghujung bulan Zulhijjah atau menjelang memasuki bulan Muharram, dilakukan berbagai kegiatan syiar Islam.

Menurut Wakil Bupati Bombana itu, bulan Muharram betul-betul istimewa karena disebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai bulannya Allah. 1 Muharram adalah perhitungan awal tahun Hijriyah dimulai dari Hijrahnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca Juga

Hj Masyura juga minta umat Islam tidak hanya berdiam saat memasuki bulan itu, tetapi melakukan aktivitas, bekerja dan bekerja untuk kemaslahatan umat. Dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah, berbagai kegiatan dilakukan kaum Muslimin.

“Khusus pada hari ini, kalangan sekolah Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan swasta melakukan kegiatan karnaval dengan berjalan kaki dari sekolah MAN I Kendari kemudian memutar ke jalur umum dengan jarak tempuh dilalui sekitar 2,5 kilo meter,” ujarnya.

Rangkaian peringatan 1 Muharram, lanjut Masyura, juga akan menampilkan Gebyar Muharam berupa lomba baca puisi bernuansa syiar Islam, ceramah tahun baru Islam serta kegiatan lain yang akan diikuti seluruh kelompok majelis taklim se-Kota Kendari. (Antara)

salam-online

Baca Juga