Lecehkan Islam, Gramedia Didatangi Jamaah Ansharusy Syariah Semarang

Semarang-Gramedia lecehkan Islam-2-jpeg.imageSEMARANG (SALAM-ONLINE): Jamaah Ansharus Syariah (JAS) Semarang pada Selasa (30/9) pagi mendatangi kantor Gramedia untuk melakukan klarifikasi terkait penempatan promo buku-buku Islam di pijakan tangga toko buku tersebut.

JAS yang diwakili oleh Lutfi dan Very beserta Kiblat.net bertemu dengan bagian personalia dan manajemen Gramedia.

“Kami bertemu dengan Wakil Manajernya, Pak Tomo. Kami menyampaikan agar penempatan promo yang ada tulisan Islamnya tidak ditaruh di tempat yang bisa membuat pengunjung atau kami sebagai umat Islam kurang nyaman,” kata Lutfi kepada Kiblat.net melalui sambungan telepon, Selasa (30/9/2014).

Namun, kata Lutfi, jika promo buku-buku dalam genre umum dipersilakan ditaruh di tempat-tempat yang diinginkan pihak Gramedia.

“Kalau judul atau tulisan itu seputar sains atau yang lainnya bagi kami tidak masalah,” tuturnya.

Menurut Lutfi, pihak Gramedia merespon dengan baik aspirasi yang disampaikan oleh JAS. Mereka berjanji akan menindaklanjutinya.

“Pihak Gramedia berjanji akan menyampaikan kepada pihak penerbit Agromedia untuk mengganti tulisan tersebut. Nanti kami cek lagi,” ujarnya.

Lutfi juga menerangkan, pada saat kedatangannya ke toko buku Gramedia Pandanaran, promo buku tersebut masih seperti semula. Tapi, pihaknya akan memantau kembali ke depannya.

“Tadi masih sama, nanti sore atau malam kami cek TKP lagi,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Toko Buku Gramedia Pandanaran memajang promo beberapa judul buku Islam yang diletakkan di pijakan tangga.

Baca Juga

Dalam iklan pada pijakan tangga itu, beberapa panduan Islam—dengan penulis plesetan seperti Alisnaik, Es Degan dan Djenggotten—itu otomatis selalu diinjak oleh pengunjung. Apalagi bila kaki pengunjung tepat menginjak huruf I-S-L-A-M. Tak ayal, tindakan toko itu memancing keresahan sejumlah pengunjung Muslim.

Akhirnya, masih di hari yang sama, Selasa (30/9), perwakilan Jamaah Ansharusy Syariah kembali mendatangi Gramedia untuk membuktikan iklan dan promo buku-buku Islam itu telah dibersihkan dari anak tangga.

Dewi, bagian Costumer Service yang menemui JAS mengaku, pemasangan tulisan tersebut baru ada sejak awal bulan ini. “Itu pun juga baru bulan ini, setiap bulan kita ganti lagi,” ujar Dewi kepada utusan JAS dan Kiblat.net, Selasa (30/9).

Utusan Jamaah Ansharusy Syariah yang berjumlah tiga orang diterima oleh pihak Costumer Service dan Asisten Manager Gramedia Semarang.

Semarang-Anak tangga di Gramedia Pandanaran pada Selasa (30-9) telah dibersihkan dari promo buku Islam-jpeg.image
Anak tangga di Gramedia Pandanaran pada Selasa (30/9) telah dibersihkan dari promo buku Islam

Gramedia menyampaikan ucapan terimakasih atas saran yang diberikan dan akan segera mengonfirmasi ke penerbit buku yang bersangkutan untuk segera mengganti media promo tersebut.

Menurut laporan kontributor Kiblat.net di Semarang, tak lama setelah kedatangan utusan dari JAS Semarang, pihak Gramedia segera bergegas untuk menghilangkan promo buku-buku bertuliskan ‘Islam’ di anak tangga Gramedia Pandanaran itu.

“Tangga Gramedia langsung bersih,” lapor kontributor Kiblat.net pada Selasa (30/9) sore. (ricky/bilal/fajar shadiq/kiblatnet)

salam-online

Baca Juga