Mesir Tutup Pos Perbatasan Rafah-Gaza

Mesir-pos penyeberangan perbatasan rafah-antaramesir dan jalur gaza-jpeg.image
Pos penyeberangan perbatasan Rafah-Gaza

KAIRO (SALAM-ONLINE): Mesir, Sabtu (25/10), menutup pos penyeberangan Rafah dengan Jalur Gaza, setelah serangan mematikan di Sinai pada Jumat (24/10).

Perusahaan bagi penyeberangan dan perbatasan yang berpusat di Jalur Gaza mengatakan di dalam pernyataan tersebut bahwa rezim kudeta Mesir secara resmi telah memberitahu pihak Palestina mengenai penutupan pos penyeberangan utama buat daerah kantung itu.

“Mesir memberitahu kami pada pagi ini bahwa Kairo menutup pos penyeberangan Rafah sampai pemberitahuan lebih lanjut akibat situasi keamanan yang memburuk di Sinai,” kata pernyataan tersebut, sebagaimana dikutip Antara dari Xinhua, Sabtu (25/10) malam.

Pada Jumat, serangkaian serangan mematikan yang diduga kuat dilancarkan oleh Mujahidin Sinai, Mesir, menewaskan sedikitnya 31 tentara Mesir dan melukai puluhan lainnya. Setelah serangan itu, Mesir mengumumkan keadaan darurat di Semenanjung Sinai dalam waktu tiga bulan.

Baca Juga

Pos penyeberangan Rafah adalah satu-satunya gerbang bagi dua juta orang Palestina yang tinggal di Jalur Gaza dan telah menghadapi blokade yang diberlakukan penjajah Zionis sejak Hamas mengambil alih kendali atas daerah kantung tersebut pada 2007.

Selama delapan tahun belakangan, Mesir untuk sementara telah membuka pos penyeberangan itu buat kasus kemanusiaan, terutama mahasiswa yang belajar di luar negeri, pasien yang memerlukan perawatan medis dan orang Palestina yang memiliki dua kewarganegaraan. (Antara)

salam-online

Baca Juga