Bubarkan Demo, Polisi Serang Mahasiswa ke Mushalla tanpa Lepas Sepatu, Al-Qur’an pun Berserakan

Riau-tanpa lepas alas kaki-polisi-lecehkan-musholla-pukuli-mahasiswa-1-jpeg.image
Tanpa lepas alas kaki polisi serbu dan pukuli mahasiswa di mushalla RRI Pekanbaru, Selasa (25/11/2014)

PEKANBARU (SALAM-ONLINE): Suyeni dan puluhan rekan-rekannya baru saja usai melaksanakan shalat Ashar, Selasa (25/11) di mushalla yang berada di komplek kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Pekanbaru. Mereka baru saja menduduki kantor itu, sebagai bentuk menolak kedatangan Presiden Joko Widodo ke Pekanbaru.

Sementara di luar mushalla, puluhan polisi sedang menunggu mereka. Aparat negara itu dituding mulai memprovokasi mahasiswa. Bentrok tak terhindarkan. Mahasiswa pun diserbu sampai ke dalam mushalla.

Suyeni menceritakan ketika polisi menyerang dengan pentungan, sambil berteriak memberi ancaman paksa pembubaran, mahasiswa mulai mengambil langkah mundur. Mereka pun berupaya menyelamatkan diri dengan berlindung ke pojok mushalla.

Namun mereka kalah jumlah. Polisi datang menyerbu dengan peralatan lengkap plus sepatu, seolah tak mempedulikan lagi lokasi yang mereka injak adalah rumah ibadah bagi umat Islam. Ironisnya, imbas penyerbuan ini, beberapa Al-Qur’an yang semula tersusun rapi di dalam mushalla, berserakan.

Beberapa mahasiswa yang terkena pentungan polisi, terlihat ada yang pingsan. Sementara mahasiswi yang juga ikut melakukan aksi, menangis dan menjerit-jerit meminta polisi menghentikan pemukulan pada rekan-rekan mereka yang ada di dalam mushalla.

Sementara di dalam mushalla, puluhan mahasiswa lainnya yang terpecah terlibat perang batu dengan polisi. Karena kalah jumlah, mahasiswa sampai ada yang lari tunggang langgang dengan memanjat pagar RRI setinggi hampir dua meter.

Bentrokan terjadi sekitar 15 menit. Akhirnya massa mahasiswa bisa dibubarkan paksa. Tidak ada satu pun massa yang diamankan pihak kepolisian. Namun penyerbuan itu mengakibatkan puluhan mahasiswa mengalami luka-luka, mulai dari ringan hingga berat.

Baca Juga

”Satu orang rekan kami kritis dan dibawa ke RS Ibnu Sina. Ada 25 orang yang luka ringan dan berat,” kata Suyeni.

Suyeni yang berasal dari BEM Universitas Riau (UNRI) ini mengatakan, perilaku aparat ketika membubarkan aksi sangat tidak manusiawi. Apalagi mereka sudah berlindung di dalam mushalla, karena merasa dikepung oleh puluhan polisi yang menunggu dengan senjata.

”Polisi memprovokasi kami, menakut-nakuti untuk keluar dari mushalla. Mereka akhirnya menyerbu ke dalam mushalla dan memukuli kami membabi buta. Ada yang minta ampun tetap saja dipukul,” jelas Suyeni menceritakan kembali tentang kejadian tersebut.

Dengan aksi beringas aparat ini, Suyeni mengatakan, mahasiswa akan terus menyuarakan penolakan kedatangan Jokowi ke Provinsi Riau.

”Kami menolak Jokowi karena blusukan asap ini hanya jadi momen pencitraan. Kenaikan BBM juga menyengsarakan rakyat,” tegas Suyeni. (Pekanbaru Pos/jpnn)

salam-online

Baca Juga