Naiknya Harga BBM Sesuai Keinginan Bank Dunia

Bank Dunia-1-jpeg.imageJAKARTA (SALAM-ONLINE): Naiknya harga BBM premium yang mulai berlaku pada pukul 00.00 WIB, Selasa, 18 November sesuai dengan yang diinginkan Bank Dunia.

Maret lalu, Lead Economist World Bank, Jim Brumby, yang sedang berada di Jakarta mengatakan bahwa pihaknya memiliki dua skenario harga baru BBM yang harus diambil oleh pemerintah Indonesia. Ketika ia menyampaikan hal ini, SBY masih jadi presiden.

“Skenario pertama adalah menaikkan harga BBM menjadi Rp 8.500 per liter, dan skenario kedua adalah menaikkan subsidi BBM sebesar 50%,” jelasnya seperti diberitakan sejumlah media ketika itu.

Menurut Jim, kenaikan harga BBM pada Juni 2013 masih belum memberikan dampak yang pas pada fiskal Indonesia. Ini bisa dilihat dari impor BBM yang tinggi dan realisasi kebijakan pendukung untuk membatasi penggunaan BBM bersubsidi yang belum ada.

Baca Juga

Masih kata Jim, mengingat Indonesia akan menggelar Pemilu pada April 2014 dan Pilpres pada Juli 2014, maka kenaikan BBM bisa dilakukan oleh pemerintahan baru yang akan dilantik Oktober 2014. Tentu saja setelah itu pemerintah baru harus mengubah APBN. (so)

Sumber: rmol.co

Baca Juga