Koalisi Negara Teluk Bantu Yaman Atasi Pemberontakan Syiah Houtsi Dukungan Iran

Yaman-Koalisi Negara Arab Bantu Yaman Atasi pemberontakan Syiah Houtsi dukungan Iran-jpeg.imageSANA’A (SALAM-ONLINE): Sejumlah Negara Teluk, Kamis (26/3), memulai bantuan militer bagi Yaman untuk mengatasi gerakan pemberontak Syiah Houtsi yang didukung Iran.

Stasiun televisi Al-Arabiya melaporkan, Arab Saudi mengirim 150.000 tentara dan 100 pesawat tempur ke Yaman. Selain itu, Mesir, Yordania, Sudan, dan Pakistan juga siap ambil bagian dalam gerakan darat di negara tersebut.

Al-Arabiya juga mengabarkan Uni Emirat Arab mengirim 30 pesawat tempur, sementara Bahrain dan Kuwait masing-masing 15. Bantuan yang sama muncul dari Qatar (10), Yordania (enam), Maroko (enam), dan Sudan (enam).

Yaman berada di ambang perang akibat gerakan pemberontak Houtsi, yang beranggotakan penganut aliran Syiah. Perang di Yaman berpeluang meluas ke wilayah Timur Tengah.

Baca Juga

Kemelut di Yaman juga berpeluang mempengaruhi cadangan minyak dunia. Harga minyak mentah Brent pada Jumat melonjak enam persen setelah operasi militer koalisi negara Arab dimulai.

Pertempuran di Yaman bermula pada September tahun lalu saat kelompok Houtsi merebut ibu kota Sana’a dan memaksa Presiden Abdul Hadi mengungsi. (Antara)

salam-online

Baca Juga