PBB: Dunia Terlalu Fokus pada ISIS, Penderitaan Rakyat Suriah Makin Terabaikan

Sekjen PBB Ban Ki-moon-2-jpeg.image
Sekjen PBB Ban Ki-moon

SALAM-ONLINE: Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-Moon menyatakan bahwa seiring dengan makin terfokusnya perhatian dunia pada persoalan ISIS, penderitaan Rakyat Suriah makin terabaikan di tengah sulitnya mengirimkan bantuan ke negeri tersebut.

Dalam laporan bulanannya yang ke-13 di hadapan Dewan Keamanan PBB, Ki-Moon menyatakan bahwa selama empat tahun konflik berdarah di Suriah, dugaan terjadinya kejahatan perang dan pelanggaran HAM makin meningkat.

“Fokus kita haruslah tertuju agar sebisa mungkin bantuan terhadap rakyat Suriah tetap terus berjalan dan tidak terpengaruh oleh perhatian dunia yang sedang terfokus pada ISIS,” ujarnya sebagaiman dikutip Islampos dari Reuters, Senin (23/3/2015).

Baca Juga

Ki-moon mengatakan bahwa lebih dari 220 ribu orang tewas dalam konflik berdarah di Suriah sejak 2011. Empat juta warga melarikan diri keluar negeri dan sekitar 7,6 juta warga mengungsi.

Ia juga mengatakan bahwa banyak pengiriman bantuan yang tidak direspon oleh pemerintah Suriah dan seringkali peralatan bedah medis disingkirkan oleh aparat rezim jika ada pengiriman bantuan ke negara itu. (Eza/Islampos)

salam-online

Baca Juga