Netizen: “Lebih Layak Cut Nyak Dien ketimbang Kartini”

Cut Nyak Dien

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Sejumlah pengguna Twitter menyatakan sosok Cut Nyak Dien lebih pantas dihargai dibandingkan Kartini di tengah perayaan Hari Kartini, Selasa (21/4).

“Kartini adalah simbol bahwa perempuan hanya butuh tinggal di rumah dan tidak butuh pergi ke medan perang seperti Cut Nyak Dien dan lainnya,” kata Pradikta Dwi Anthony lewat ‏@TravellersID, dalam bahasa Inggris seperti dikutip BBC Indonesia, Selasa (21/4).

Lainnya menulis, “Lebih layak Cut Nyak Dien ketimbang Kartini, Kartini mah perjuangannya gak ada, kata seorang nenek depan rumah,” ujar Ivan Gabe melalui ‏@gabe_gabe_an.

Baca Juga

Kata kunci Cut Nyak Dien sempat menjadi topik populer di Twitter Indonesia dan dikicaukan lebih dari 2.500 kali. Perempuan asal Aceh ini dikagumi karena keberaniannya memimpin pasukan melawan Belanda, setelah suaminya, Teuku Umar, gugur.

“Kartini dipermasalahkan karena tidak berjuang seperti Cut Nyak Dien dan Kristina Martatiahahu, atau membuat sekolah seperti Dewi Sartika,” kata Mariana Amiruddin ‏melalui @marianamiruddin. (S)

Baca Juga