12 Ponpes Siap Tampung Pengungsi Muslim Rohingya

Mensos dengan pengungsi Muslim Rohingya di Aceh-1-jpeg.image
Mensos Khofifah dengan pengungsi Muslim Rohingya di Aceh

MAGELANG (SALAM-ONLINE): Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan sedikitnya 12 pondok pesantren di Jawa Timur dan Jawa Barat siap menampung pengungsi Muslim Rohingya, terutama anak-anak yang hidup sebatang kara karena terpisah dari orang tua dan familinya.

“Berdasarkan pendataan di lapangan, anak-anak pengungsi Rohingya banyak yang menjadi yatim piatu dan terpisah dari keluarga besarnya,” katanya, usai menjadi pembicara pada khataman putri di Pondok Pesantren Raudhatut Thullab, Desa Wonosari, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jateng, Rabu (27/5).

Ia menuturkan mereka butuh pemulihan secara psikososial dan perlu mendapatkan hak asuh karena hidup sebatang kara. Oleh karena itu perlu tempat yang memadai untuk menampungnya.

Ia mengatakan sebanyak 12 pondok pesantren yang siap menampung tersebut, antara lain Pondok Pesantren di Malang, Pasuruan, Bojonegoro, Jatim, dan Sukabumi, Jabar.

“Pesantren merupakan tempat penampungan yang dirasa cukup kondusif dan efektif bagi anak-anak tersebut,” ucapnya.

Menurut Khofifah, untuk kebutuhan penempatan kembali para pengungsi Muslim Rohingya memerlukan waktu selama satu tahun. Setelah satu tahun, pihaknya mendorong komunitas internasional untuk bertanggung jawab terhadap nasib para pengungsi itu, seperti PBB dan negara-negara lain.

“Hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Indonesia saja, melainkan juga tanggung jawab dunia,” ujarnya.

Baca Juga

Ia menuturkan dari 1.250-an pengungsi Rohingya banyak yang terpisah dari anggota keluarganya, misalnya, istri berada di Aceh dan suami mengungsi di Malaysia.

Ia mengatakan Kementerian Sosial berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk membicarakan reunifikasi atau penyatuan kembali para pengungsi ke keluarganya.

“Menlu Indonesia nantinya akan berkomunikasi dengan Menlu Malaysia mengenai hal ini,” tambahnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatut Thullab Tempuran, Said Asrori mengatakan pihaknya siap untuk menampung anak-anak pengungsi Muslim Rohingya. Di Pondok pesantren yang dikelolanya mampu menampung 500 santri.

“Kami siap menampung dengan jumlah yang kami tampung sekitar 50 orang,” katanya.

Sumber: Antara

salamonline

Baca Juga