Pemerintah Saudi Sediakan Wi-Fi Gratis di Halaman Masjidil Haram

Muslim pilgrims pray around the holy Kaaba at the Grand Mosque, during the annual hajj pilgrimage in Mecca September 27, 2014. REUTERS/Muhammad Hamed (SAUDI ARABIA - Tags: RELIGION)

MAKKAH (SALAM-ONLINE): Pengunjung dan jamaah Masjidil Haram kini dapat memanfaatkan fasilitas Wi-Fi yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi. Fasilitas tersebut tersedia di halaman Masjidil Haram.

Menurut direktur pusat teknologi informasi di Lembaga Urusan Dua Masjid Suci, Bandar Al-Khuzaim, Wi-Fi gratis itu sebenarnya untuk membangun komunikasi antara staf lembaga tersebut dengan para jamaah.

Kantor berita Saudi Press Agency, Rabu (1/7) kemarin melaporkan, staf lembaga itu menggunakan layanan Wi-Fi cuma-cuma ini untuk mengirim pesan berisi panduan atau pengumuman penting kepada seluruh jamaah di Masjidil Haram.

Khuzaim mengatakan, pihaknya juga bakal memasang sambungan Bluetooth di sekitar tempat tawaf agar tiap jamaah tidak lupa berapa putaran sudah mengelilingi Ka’bah. Layanan ini bekerja sama dengan pusat inovasi teknologi di Universitas Umm al-Qura, Makkah.

Baca Juga

“Kami juga telah meluncurkan dan memperbarui layanan pesan ifthar online di Masjidil Haram,” ujar Khuzaim seperti dikutip alarabiya.net, Rabu (1/7). Layanan lainnya berupa pendaftaran elektronik dalam enam bahasa—Arab, Inggris, Prancis, Urdu, Turki, dan Persia—untuk ber-i’tikaf.

Fasilitas serupa juga tersedia bagi jamaah yang ingin mengunjungi pameran Masjidil Haram dan pabrik pembuatan kiswah (kain penutup Ka’bah). (EZ/salam-online)

Sumber: Alarabiya.net

Baca Juga