Jenderal Senior Iran Tewas Terbunuh di Suriah

Suriah-Komandan militer Iran Brigadir Jenderal Hossein Hamedani [AFP-Getty]-jpeg.image
Komandan militer Iran Brigadir Jenderal Hossein Hamedani tewas terbunuh di Aleppo, Suriah [AFP/Getty]
ALEPPO (SALAM-ONLINE): Jenderal senior Iran, Hossein Hamedani, yang bertugas di di provinsi Aleppo, Suriah, tewas dibunuh Kamis (8/10) malam, demikian pernyataan yang dirilis oleh Garda Revolusi Iran.

“Jenderal Hamedani, yang menjadi penasihat tentara Suriah tewas di Aleppo, Suriah, kemarin malam,” kata pernyataan itu seperti dilansir Anadolu Agency, Jumat (9/10).

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa komandan jenderal Iran itu dibunuh oleh “Daulah”.

Hamedani adalah wakil dari Qasim Sulaimani, kepala Pasukan Quds. Dia dikenal karena memimpin Brigade Fatimiyyun dan Zeynebiyyun, yang dikirim ke Suriah oleh Iran untuk mendukung rezim Basyar Asad dan “Hizbullah”.

Suriah telah dilanda perang sejak rezim Syiah Nushairiyah pimpinan Asad ini menindak keras kelompok masyarakat yang melakukan protes terhadap rezim, yang dimulai pada Maret 2011 lalu. Hingga kini perlawanan barisan Mujahidin itu sudah berlangsung hampir 5 tahun.

Baca Juga

Selain Rusia, Iran aktif membantu rezim Asad sejak awal dalam perang melawan kelompok-kelompok jihad yang bermunculan di negara yang lebih dari 40 tahun menindas rakyat yang mayoritas Muslim ini. Dalam perang ini, rezim Asad juga dibantu oleh “Hizbullah” Lebanon dukungan Iran. (mus)

Sumber: anadolu agency

(http://www.aa.com.tr/en/todays-headlines/senior-iranian-commander-killed-in-syria/436961)

Baca Juga