Pasukan Darat AS Sudah Masuk Suriah

Suriah-Pasukan AS (ilustrasi)-1-jpeg.image
Pasukan AS (ilustrasi)

KOBANE (SALAM-ONLINE): Pasukan Amerika Serikat (AS) sudah masuk Kobane—kota di Suriah utara yang nyaris hancur akibat perang sengit Kurdi melawan ISIS, kata sumber-sumber Kurdi seperti dikutip AFP, Kamis (26/11) waktu setempat.

Mustapha Abdi, seorang aktivis di Kobane, mengatakan kepada AFP bahwa para instruktur militer AS telah tiba beberapa jam lalu dan ini adalah penggelaran pertama pasukan darat AS di Suriah.

Abdi mengatakan pasukan yang baru tiba itu adalah kelompok instruktur pertama yang akan melatih Kurdi.

Direktur Observatorium HAM Suriah, Rami Abdel Rahman, menyebutkan “sekitar 50 instruktur Amerika telah tiba di utara dan timur laut Suriah” itu.

Baca Juga

Menurut dia, serdadu-serdadu itu tiba dalam dua kelompok dalam dua hari belakangan, dan 30 di antara mereka berada di Kobane. Sisanya di Provinsi Hasakeh, Suriah.

Komando Tengah Amerika Serikat (Centcom) menolak mengomentari kabar ini, namun Brett McGurk yang menjadi utusan khusus Presiden Barack Obama untuk koalisi anti-ISIS sudah mengatakan Ahad lalu bahwa pasukan darat AS akan segera tiba.

Akhir Oktober silam Obama telah mengizinkan penggelaran 50 serdadu operasi khusus di Suriah yang disebut McGurk bertugas untuk mengorganisasikan pasukan-pasukan lokal.

“Sasaran utama adalah mengisolasi Raqa,” katanya seperti dikutip AFP. (Antara)

Baca Juga