Pesawat Tempur Rusia Serang Konvoi Kemanusiaan dan Bunuh 11 Warga Sipil Suriah

Suriah-Pesawat Tempur Suriah Serang Konvoi Kemanusiaan dan bunuh 11 warga sipil-jpeg.image
Tampak Truk-truk yang membawa bantuan kemanusiaan yang juga diserang dan dibakar

IDLIB (SALAM-ONLINE): Sebelas warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak, Sabtu (28/11) meregang nyawa ketika pesawat tempur Rusia menggempur daerah perumahan di provinsi Idlib, Suriah, sumber Pertahanan Sipil mengatakan kepada Anadolu Agency, Sabtu (28/11).

Sumber juga mengatakan bahwa puluhan orang terluka dalam serangan udara di Kota Binnish.

Ironisnya lagi, pesawat-pesawat tempur Rusia juga menyerang konvoi bantuan kemanusiaan di hari yang sama, Sabtu (28/11), di kota al-Dana, Idlib.

Abo Wael, seorang relawan Pertahanan Sipil, mengatakan kepada kantor berita Anadolu, bahwa dua rudal dari pesawat tempur Rusia menyerang konvoi bantuan kemanusiaan. Akibatnya, satu orang relawan kemanusiaan meninggal dan empat lainnya terluka.

Delapan truk yang membawa bantuan kemanusiaan itu juga dibakar.

Baca Juga

Setidaknya ada lima serangan udara Rusia yang menyasar truk bantuan kemanusiaan yang datang dari Turki untuk membantu pengungsi Suriah pada dua hari terakhir.

Rusia mulai menjalankan operasi militernya di Suriah sejak 30 September dengan tujuan mendukung rezim Suriah Basyar Asad untuk melawan kelompok-kelompok penentangnya. Meski masuknya Rusia dengan dalih menggempur ISIS, tapi fakta di lapangan justru warga sipil dan barisan oposisi yang disasar. Bahkan tak pandang bulu, konvoi bantuan kemanusiaan pun diserang.

Beberapa anggota aliansi negara NATO percaya Rusia sebenarnya menargetkan kelompok-kelompok yang menentang Asad, bukan DAESH atau yang populer dengan sebutan ISIS. (mus)

Sumber: Anadolu

Baca Juga