Turki Serahkan Jasad Pilot yang Pesawatnya Ditembak Jatuh ke Pihak Rusia

Turki-PM Turki Ahmet Davutoglu-1-jpeg.image
PM Turki Ahmet Davutoglu

ANKARA (SALAM-ONLINE): Jasad pilot yang tewas saat Turki menembak jatuh jet Rusia, dibawa ke Turki pada Sabtu (28/11) malam untuk kemudian diserahkan ke Rusia, ujar Perdana Menteri Ahmet Davutoglu dalam konferensi pers di Ankara, Ahad (29/11), sebelum ia berangkat ke Brussels untuk menghadiri pertemuan tentang pengungsi dengan para pemimpin Uni Eropa.

“Pilot yang tewas karena pesawatnya ditembak jatuh setelah melanggar wilayah udara Turki telah kami terima di perbatasan Turki-Suriah,” kata Davutoglu seperti dikutip Anadolu Agency, Ahad (29/11).

Belum diketahui, kapan jasad pilot yang bernama Oleg Peskov itu diterbangkan ke Rusia. Salah seorang pilot Rusia yang tewas itu jasadnya dibawa ke Hatay, provinsi di selatan Turki yang berbatasan dengan Suriah. Davutoglu menjelaskan bahwa Atase Militer Rusia mengambil langsung jenazah di tempat tersebut.

Baca Juga

Seperti diberitakan, Selasa (24/11) lalu, sebuah pesawat tempur Rusia SU-24 ditembak jatuh oleh angkatan udara Turki karena melanggar wilayah Negara yang berbatasan langsung dengan Suriah itu. Salah seorang pesawat selamat terjun dari pesawat dengan menggunakan parasut. Pilot lainnya tewas.

Dukungan Rusia kepada rezim Basyar Asad, kian memperparah penderitaan rakyat Suriah. Janji Rusia yang akan memerangi IS tak sesuai fakta di lapangan. Serangan-serangan udara Rusia di Suriah justru membombardir warga sipil dan kelompok-kelompok penentang Asad, bukan menyasar IS. Dan, Turki pun Murka. (mus)

Sumber: Anadolu

Baca Juga