Akhiri Monopoli Rusia, Turki Sepakati Kerja Sama Suplai Gas dengan KRG Kurdi

Gas KRG cukup untuk memenuhi kebutuhan gas Turki dan Eropa-gas-processing-plant-jpeg.image
Gas KRG cukup untuk memenuhi kebutuhan gas Turki dan Eropa

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Sumber gas alam di Pemerintahan Daerah Kurdi (KRG) cukup untuk memenuhi kebutuhan, di Turki dan Eropa, kepala Komite Parlemen KRG untuk Industri dan Energi Cevdet Circo mengatakan pada Ahad (29/11)seperti dimuat laman Middleeastmonitor.

Gas alam KRG direncanakan akan dikirim ke Turki dan Eropa pada 2017. Cadangan gas di Irbil, Duhok dan Sulaymaniyah diperkirakan berjumlah lebih dari 5,7 triliun kaki kubik, tetapi akan mendekati 8 triliunkaki kubik jika daerah yang disengketakan antara KRG dan pemerintah pusatIrak di Baghdad, termasuk Kirkuk, disepakati bergabung dengan pemerintahdaerah Kurdi.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Cevdet Circo, mengatakan bahwa Turki dan KRG mengadakan perjanjian strategis berkaitan dengan pengiriman gas pada2017. Perjanjian kerja sama ini dapat mengakhiri monopoli Rusia dalam suplai gas ke Eropa, termasuk Turki.

Baca Juga

“Gas Kurdi akan mencapai Eropa melalui Turki. Wilayah Kurdi dapat mengisi kesenjangan yang diciptakan oleh monopoli gas Rusia ke Eropa,” ujar Circo.

Selain itu, Kepala Komite Energi Sulaymaniyah, Galip Muhammad, mengatakan Sulaymaniyah merupakan provinsi terkaya di wilayah tersebut dalam hal cadangan gas, dengan jumlah 5 triliun kaki kubik gas alam.

“Sulaymaniyah memiliki hampir 80 persen dari cadangan gas alam dari KRG,” tegasnya. Galip juga mengungkapkan bahwa gas Sulaymaniyah memiliki kualitas terbaik di wilayah itu dan belum dieksplorasi sepenuhnya. (EZ/salam-online)

Baca Juga