Perang Suriah: Rusia Dikabarkan Akan Lakukan Gencatan Senjata Mulai 1 Maret Mendatang

Dubes Rusia utk PBB
Dubes Rusia untuk PBB Vitaly Churkin

SALAM-ONLINE: Rusia dilaporkan akan melakukan gencatan senjata pada 1 Maret mendatang di Suriah menjelang pertemuan penting di Jerman yang akan membahas segera dihentikannya perang di negara yang telah dilanda konflik sejak Maret 2011 itu.

Pada Rabu (10/2) kantor berita Reuters mengutip keterangan pejabat Barat yang tak bersedia disebutkan namanya. Dia mengatakan Rusia mengusulkan sebuah gencatan senjata di Suriah mulai 1 Maret mendatang.

Wartawan Aljazeera, Gabriel Elizondo, yang berada di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, melaporkan bahwa Duta Besar Rusia untuk PBB tidak bersedia dimintai konfirmasi soal usul gencatan senjata tersebut.

“Tidak ada kesepakatan yang dicapai. Duta Besar Rusia untuk PBB berbicara masalah umum tentang gencatan senjata di Suriah sebagai bagian dari negosiasi. Ketika kami tanya lebih rinci, dia tidak bersedia menjelaskan lebih banyak,” lapor Elizondo.

Baca Juga

Pihak-pihak yang akan mengadakan pertemuan di Munich, Jerman, pada Kamis, 11 Februari 2016, ini di antaranya Rusia, Amerika Serikat, Arab Saudi dan Iran. “Mereka bertemu di Jerman dalam rangka menghidupkan kembali rencana perdamaian di Suriah,” tulis Aljazeera, Kamis (11/2).

Duta Besar Inggris untuk PBB, Mattew Rycoft, berharap Rusia akan hadir dalam pertemuan Munich, Kamis ini, dengan membawa gagasan konkret mengenai gencatan senjata di Suriah dan akses bantuan kemanusiaan. Sedikitnya 50 ribu warga Suriah telah mengungsi untuk menghindari pertempuran sengit di Aleppo, Komite Internasional Palang Merah (IRC) melaporkan. (EZ/salam-online)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga