Iran tak Kirim Jamaah Haji ke Saudi Tahun Ini

Jamaah Haji di BaitullahSALAM-ONLINE: Organisasi Haji dan Umroh Iran menyatakan Ahad (29/5) bahwa jamaah haji negeri itu tidak akan mengikuti ibadah haji tahun ini seraya menuding Arab Saudi melakukan sabotase dan gagal menjamin keselamatan jemaah haji.

Hubungan kedua negara memanas setelah ratusan warga Iran meninggal dunia dalam kecelakaan haji tahun lalu dan setelah Riyadh memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran menyusul eksekusi pentolan Syiah di Saudi Januari lalu.

“Karena sabotase yang dilakukan oleh pemerintah Saudi, dengan demikian diumumkan bahwa jemaah haji Iran telah dicegah keistimewaannya mengikuti ibadah haji tahun ini, dan tanggung jawab untuk semua ini terletak pada pemerintah Arab Saudi,” kata organisasi haji Iran itu seperti dikutip kantor berita Antara, Ahad (29/5).

Media Saudi belum lama ini mengatakan bahwa sebuah delegasi Iran telah meninggalkan kerajaan itu tanpa kesepakatan mengenai haji yang merupakan untuk kedua kalinya kedua negara gagal mencapai kesepakatan haji.

Baca Juga

Saudi menyalahkan Iran atas kebuntuan itu.

Sumber: Antara

Baca Juga