Malaysia Akan Tampung 3.000 Pengungsi Suriah

Pengungsi Suriah mencari suaka-ilustrasi
Pengungsi Suriah mencari suaka

KUALA LUMPUR (SALAM-ONLINE): Malaysia akan menampung 3.000 pengungsi Suriah. Menurut Deputi Perdana Menteri Zahid Hamidi, migran Suriah yang terbang ke Malaysia via Lebanon akan diizinkan bekerja, sementara anak-anak mereka bisa belajar di sekolah-sekolah publik.

Dari total 3.000 pengungsi yang diizinkan masuk ke negara itu, pada Sabtu (28/5) kemarin Malaysia telah menerima 68 pengungsi Suriah, termasuk 31 anak.

Desember tahun lalu, negara Asia Tenggara itu menerima kelompok pertama pengungsi Suriah yang terdiri atas 11 orang yang memiliki kerabat di Malaysia.

“Malaysia akan menampung 3.000 pengungsi Suriah,” katanya kepada wartawan setelah kedatangan kelompok kedua pengungsi.

“Sekitar 200 pegungsi lainnya akan tiba beberapa waktu ke depan,” ujarnya seperti dikutip kantor berita AFP.

Zahid mengatakan mereka akan mendapatkan akomodasi dan bantuan keuangan selama masa tinggal sementara mereka. Beberapa lembaga swadaya masyarakat lokal memberikan bantuan kemanusiaan.

Baca Juga

Saat para pengungsi melangkah keluar dari pesawat dan menuju pangkalan Angkatan Udara Subang, barat ibu kota Kuala Lumpur, mereka tersenyum sambil menggenggam barang-barang dan anak-anak mereka.

Pada Oktober tahun lalu, Perdana Menteri Najib Razak mengatakan Malaysia akan menerima 3.000 migran Suriah dalam tiga tahun mendatang untuk membantu mengatasi krisis pengungsi.

Eropa menghadapi ketegangan dengan kedatangan ratusan ribu orang yang meninggalkan Suriah dan negara lain guna meminta suaka.

Sebenarnya Malaysia bukanlah negara penandatangan perjanjian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang pengungsi.

Sumber: Antara

Baca Juga