Pakar Hukum Pengungsi Ini Minta Indonesia Memberikan Peran yang Besar Bantu Muslim Rohingya

suaka-4
DR Enny Soeprapto

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Mantan Aktivis UNHCR sekaligus pakar hukum pengungsi, DR Enny Soeprapto mengatakan penindasasan yang dialami oleh minoritas Muslim di Myanmar harus menjadi persoalan bersama bagi bangsa Indonesia.

“Dalam hal ini, bangsa Indonesia harus ikut serta membantu penyelesaian persoalan Rohingya,” ungkap Enny dalam diskusi “Hidup yang Terabaikan, Laporan Penelitian Nasib Pengungsi Rohingya di Indonesia” bersama lembaga perlindungan hak asasi manusia (SUAKA) di Hotel Alia Prapatan, Jakarta Pusat, Senin (5/12).

Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang tergabung di dalam Asean harus memiliki cukup kekuatan untuk membantu warga Rohingya.

“Indonesia ini tergabung di dalam Asean, oleh karenanya harus memberikan peran yang besar, apalagi mayoritas bangsa Indonesia adalah Muslim,” kata Enny dengan suara lantang.

Baca Juga

Enny meminta kepada pemerintah Indonesia untuk menunjukkan perannya dengan menerima para pengungsi Rohingya yang diusir dari negaranya sendiri.

“Sebaiknya pemerintah turut membantu, menerima kedatangan para pengungsi Rohingya, menampung mereka dan memberikan lapangan pekerjaan kepada mereka,” pinta Enny.

Selain pakar hukum pengungsi Enny Soeprapto, pembicara lainnya adalah Zico Efraindio dan Rizka Argadianti (keduanya peneliti SUAKA). (EZ/salam-online).

Baca Juga