Perang Suriah: Dievakuasi, Warga yang Terkepung Militer Rezim Asad dari Empat Kawasan

SALAM-ONLINE: Empat kota di Suriah yang telah dikepung dan dilumpuhkan selama lebih dari dua tahun oleh rezim Basyar Asad, warganya harus dievakuasi di bawah kesepakatan yang dicapai pada Selasa (28/3), kata kelompok pemantau, sebagaimana dilansir Middleeasteye, Rabu (29/3).

Warga Zabadani dan Madaya, dua kota dekat Damaskus yang dikepung oleh pasukan rezim Asad, akan meninggalkan rumah mereka. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris mengatakan warga Foah dan Kefraya, juga adalah dua wilayah yang penduduknya akan dievakuasi dengan bus.

Direktur SOHR Rami Abdel Rahman mengatakan kesepakatan itu ditengahi oleh negara pendukung kelompok oposisi, antara lain Qatar. Berbagai pihak di Suriah juga telah mencapai kesepakatan untuk memungkinkan evakuasi dari empat kawasan yang terkepung secara militer.

Baca Juga

“Evakuasi dan gencatan senjata untuk kota-kota mulai berlaku semalam,” kata Abdel Rahman. Sebuah gencatan senjata dilaporkan disepakati mulai berlaku Selasa (28/3) malam untuk membuka jalan bagi evakuasi yang dijadwalkan dimulai dalam waktu satu pekan. (EZ/salam-online)

Sumber: Middleeasteye

Baca Juga