Subhanallah… Jamaah Haji Pakistan Melahirkan Bayi Kembar di Mina

Bayi kembar Shafa & Marwa (al arabiya.net)

SALAM-ONLINE.COM: Subhanallah…Dalam sebuah peristiwa yang langka, seorang jamaah haji wanita Pakistan melahirkan bayi kembar perempuan di Mina pada hari tarwiyah, Rabu (24/10/2012).

Bayi kembar itu diberi nama Shafa dan Marwa. Demikian tulis situs Al-Arabiya. Lebih lengkap, baca: Kembar Shafa & Marwa Lahir dalam Suasana Haji, Namanya Indah, Bersejarah & Sarat Kenangan Ibadah.

Sementara itu koran Al-Madinah melaporkan pada Kamis (25/10/2012) bahwa aparat kepolisian Arab Saudi berhasil menahan 20 kendaraan yang mengangkut jamaah haji tanpa visa. Mobil-mobil itu menyewakan jasa menyeberangkan dan mengantarkan jamaah haji yang tidak memiliki visa.

Seluruh mobil tersebut ditangkap di sejumlah jalan raya yang menghubungkan kota suci Madinah dengan kawasan Masy’aril Haram di Mina. Berdasar pantauan koran Al-Madinah, para sopir dan “agen penyelundupan” terlibat tawar-menawar dengan jamaah haji luar Arab Saudi yang tidak memiliki visa.

Rata-rata sopir dan “agen penyelundupan” memasang tarif 60 riyal per kepala. Dalam sekali jalan, sebuah mobil bisa “menyelundupkan” enam jamaah haji. Mereka biasa menerima keuntungan 300 riyal sekali jalan, atau sekitar 825 ribu rupiah bila kurs 1 riyal setara dengan Rp 2750.

Baca Juga

Pemerintah Arab Saudi sendiri telah menempatkan sejumlah pos pemeriksaan di jalan-jalan raya Makkah-Mina dan Madinah-Mina. Di setiap pos pemeriksaan ditempatkan banyak pegawai kantor Imigrasi. Setiap kendaraan dan jamaah haji mendapatkan pemeriksaan ketat.

Juru bicara media Direktorat Urusan Imigrasi dan Paspor Arab Saudi, kolonel Badr Al-Malik menjelaskan bahwa pihaknya telah memulangkan 90 ribu calon jamaah haji yang kedapatan tidak memiliki paspor dan visa haji. Mereka ditangkap di Sembilan posko pemeriksaan jalan-jalan raya menuju kota Makkah.

Badr Al-Malik juga menyatakan pihaknya telah menangkap 1800 visa palsu. Saat ini sedang dilakukan penyidikan untuk mengetahui pihak yang mengeluarkan visa tersebut.

Terkait dengan pengamanan ibadah haji tahun ini, kepala Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi, Mayor Jenderal Sa’ad bin Abdullah At-Tuwaijiri menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat laman khusus mempergunakan situs jejaring social Facebok, Twitter dan juga Youtube.

Melalui laman tersebut para jamaah haji diberi pengarahan tentang prosedur keselamatan dalam empat bahasa: Arab, Inggris, Prancis dan Urdu. (arrahmah.com/salam-online.com)

Baca Juga