PUI dan Adara Gelar Pertunjukan Seni untuk Aleppo, Terkumpul Donasi Rp 173 Juta

Ahmad Heryawan saat membacakan puisi untuk Aleppo

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Persatuan Ummat Islam (PUI) bekerjasama dengan Adara Relief Internasional menggelar acara penggalangan dana bagi rakyat Suriah, khususnya Aleppo, dalam bentuk kolaborasi seni di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, pada Kamis (16/2/2017) malam lalu.

Acara ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 173.020.700, USD 700 dan cincin emas.

Dalam kesempatan itu Ketua Umum PUI, Ustadz Nazar Haris menyumbangkan sebuah puisi di hadapan ratusan penonton yang mengikuti malam penggalangan dana tersebut.

“Kalian banyak, tapi lambat… Musuh kompak, kalian terkotak-kotak.. Sementara Aleppo tak mau kalah. Dituduh teroris, diembargo, diteror. Bangkit ditumpas.. bangkit lagi di tumpas lagi… Bangkit! Bangkit! Dan bangkit lagi! Tetap tak menyerah,” seru Nazar Haris.

Acara bertema Kolaborasi Seni “Terjebak” untuk Aleppo itu juga dimeriahkan oleh aksi pembacaan puisi dari Ketua Majelis Syuro PUI Ahmad Heryawan (Aher), Yose Rizal Manua dan pertunjukan teater Kanvas besutan Zak Sorga.

Baca Juga

Ketua Umum Adara Relief Internasional, Nurjanah Hulwani menyampaikan alasan rakyat Indonesia harus membantu Aleppo. Sebelum dibunuh, ujar Nurjanah, warga Aleppo mendapatkan siksaan dan pemerkosaan.

Selain itu, kata Nurjanah, alasannya karena Aleppo ada di bumi Suriah—salah satu dari empat negara di bumi Syam. “Dan benteng Akidah umat Islam ada di bumi Syam,” terangnya.

Untuk itu, yang bisa dilakukan kaum Muslimin, menurut Nurjanah, pertama adalah menyebarluaskan kesulitan dan penderitaan yang lahir batin menyangkut masalah akidah dan kemanusiaan.

“Kedua, menggalang (dana) kemanusiaan dan terakhir adalah doa. Semoga semakin banyak orang yang memahami dan peduli, Allah akan memberikan kemenangan untuk rakyat Aleppo,” harap Nurjanah. (s)

Baca Juga