Besok Aksi 313, FUI Tuntut Jokowi Pecat Ahok

Konpers FUI untuk Aksi 313, Jumat (31/3) besok. (Foto: EZ/salam-online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Forum Umat Islam (FUI) dan alumni 212 akan menggelar Aksi 313 pada Jumat, 31 Maret besok. Tujuan Aksi sebagaimana unjuk rasa sebelumnya tetap menuntut Presiden RI Joko Widodo agar memberhentikan Gubernur DKI non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Selain itu, FUI menuntut penjarakan Ahok. Sekjen FUI Muhammad Al-Khaththath menegaskan belum ditangkapnya Ahok merupakan pelecehan terhadap masyarakat Islam dan hilangnya keadilan, satu hal yang tak dapat dibiarkan.

“Aksi bela Islam 313 dibuat oleh para pimpinan orma Islam untuk menuntut Presiden Joko Widodo agar melaksanakan Undang-Undang dengan mencopot Ahok dari jabatannya,” tegas Al Khaththath dalam jumpa pers di Masjid Baiturrahman, Jl Dr Saharjo, Jakarta Selatan, Kamis (30/3).

Aksi 313 rencananya dimulai dengan shalat Jumat di Masjid Istiqlal. Setelah itu, massa bergerak menuju Istana Kepresidenan.

“Aksi sudah jelas long march dari Masjid Istiqlal ke Istana,” ujar Al-Khaththath.

Baca Juga

Beberapa ruas jalan akan dilalui oleh peserta aksi saat menuju Istana. Dari Istiqlal, massa akan berjalan ke Jalan Merdeka Timur, melewati Kedutaan Besar AS, Balai Kota dan bundaran Patung Kuda, hingga Istana.

Ia menjelaskan, aksi demo ba’da Jumat besok akan dilakukan oleh FUI dan elemen lainnya dengan aman dan damai. Ia juga berjanji akan membubarkan aksi setelah pihak Istana menerima mereka sehingga terjadi perundingan.

Terkait dengan estimasi jumlah peserta aksi, Al Khaththath belum memastikan. “Jumlah massa belum bisa saya pastikan. Tapi tidak kurang dari 100 ribu orang,” tuturnya. Dia juga menyatakan aksi tersebut akan dihadiri para ulama dan anggota ormas Islam. Untuk acara, FUI masih mengkoordinasikannya dengan Polda Metro Jaya.

“Korlap masih koordinasi dengan Polda Metro Jaya,” terangnya. (EZ/salam-online)

Baca Juga