Berpihak pada yang Benar

Dukung Pigai, Presidium Alumni 212 Minta Komnas HAM Teguh Pendirian Usut Kriminalisasi Ulama

Presidium Alumni 212 dukung Komnas HAM usut Kriminalisasi Ulama. (Foto: EZ)

JAKARTA (SALAM-ONLINE):  Diikuti ratusan massa, Presidium Alumni 212 kembali menyambangi Komnas HAM di Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/5).

Kedatangan mereka yang kelima kalinya ini adalah dalam rangka memberikan dukungan kepada Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai agar teguh pendiriannya untuk menginvestigasi kriminalisasi ulama dan aktivis Islam.

Ketua Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo mengatakan, pihaknya mengecam tindakan Komisioner Komnas HAM lainnya yang menekan Natalius Pigai, lantaran menjalankan tugasnya untuk meneruskan laporan dugaan pelanggaran HAM yang dialami ulama dan aktivis Islam, termasuk Habib Rizieq Syihab.

“Presidium Alumni Aksi 212 akan terus mendukung Natalius Pigai untuk tetap teguh dalam pendiriannya mengusut kasus yang tersebut dengan segala risiko,” ujar Ansufri di ruang pengaduan Komnas HAM, Jakarta, Jum’at (19/5).

Ansufri mengungkapkan, pihaknya akan terus mengumpulkan petisi dukungan berupa tanda tangan dari masyarakat yang mendukung tim investigasi Komnas HAM untuk berani dan tidak ragu dalam mengusut tuntas kasus pelanggaran HAM tersebut.

“Kami minta Komnas HAM tetap berani, tidak ragu dan tidak kendor terhadap berbagai tekanan untuk mengungkap pelanggaran HAM berat yang dilakukan rezim penguasa saat ini,” ujar Ansufri.

Menanggapi hal itu, Komisioner Komnas HAM Ansori Sinungan menegaskan, ada keberpihakan pemerintah dalam kasus dugaan kriminalisasi terhadap ulama.

“Hal ini, kami rasakan ada keberpihakan pemerintah dalam kasus kriminalisasi hukum. Kami inginkan penegakan hukum harus objektif dalam menangani kasus yang sedang terjadi ini,” pinta Ansori.

Pihaknya, Ansori menambahkan, akan terus melakukan investigasi secara profesional terkait pengaduan dugaan kriminalisasi terhadap ulama dan aktivis Islam.

“Saya akan terus melakukan investigasi secara profesional dan akan menindaklanjuti proses ini,” jelas Ansori.

Selain Ansufri, kedatangan Presidium Alumni 212 ke Komnas HAM dihadiri oleh Ahmad Michdan (Tim Pengacara Muslim) dan beberapa tokoh lainnya.

Massa umat Islam turut memberikan dukungan kepada Komnas HAM. (Foto: EZ)

Sementara itu dari Komisioner Komnas HAM nampak menerima langsung kedatangan Presidium Alumni 212, antara lain Siane Indriani, Natalius Pigai dan Ansori Sinungan. (EZ/Salam-Online)

Anda mungkin juga berminat