Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H Jatuh Ahad 25 Juni

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Pemerintah melalui Kementerian Agama RI menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H jatuh pada Ahad besok, 25 Juni 2017. Penetapan ini merupakan hasil sidang Itsbat yang digelar di Kementerian Agama, Ahad (25/6) petang.

Usai sidang Isbat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan bahwa malam ini sudah memasuki 1 Syawal 1438 H. Dengan demikian malam ini umat Islam bertakbir, mengagungkan Allah Yang Maha Besar.

“Alhamdulillah, peserta sidang Isbat, sudah sepakat dan menetapkan malam ini memasuki 1 syawal 1438 Hijriah,” kata Lukman Hakim Saifuddin, di kantor Kementerian Agama, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6).

Menurut Lukman, pihaknya sudah mendengar laporan dari beberapa titik di seluruh Indonesia terkait posisi hilal. Dari laporan tersebut diketahui posisi hilal sudah berada di ketinggian 3,88 derajat dengan lokasi jarak busur bulan ke matahari 5,06 derajat.

Baca Juga

“Besok pagi kita sudah bisa menjalankan Shalat Id,” kata Lukman.

Sidang Itsbat ini dihadiri perwakilan ormas Islam, Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan beberapa duta besar negara Islam, serta pejabat eselon I dan II Kementerian Agama.

Penentuan 1 Syawal 1438 H ini berdasarkan metode hisab dan rukyat. Sebelumnya Muhammadiyah sudah menetapkan 25 Juni 2017 adalah 1 Syawal 1438 H. Organisasi Persatuan Islam (Persis) menetapkan hal yang sama. Begitu pula sejumlah ormas Islam lainnya. (*)

Baca Juga