Gubernur Sumatera Barat Buka Multaqo Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Eropa & Afrika

Gubernur Prof Irwan Prayitno saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi pertemuan Ulama/dai se-Asia Tenggara, Eropa dan Afrika di Masjid Raya Padang, Sumbar. (Foto: MUS/INA)

PADANG (SALAM-ONLINE): Gubernur Sumatera Barat Prof Dr Irwan Prayitno membuka perhelatan Multaqo (Pertemuan) Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara, Eropa, serta Afrika bertempat di Masjid Raya Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (17/07/2017).

Dalam sambutannya, Irwan menyampaikan bahwa pertemuan semacam ini merupakan agenda penting sebagai media silaturahim dan menguatkan persatuan umat.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkapkan, sangat senang dengan ditunjuknya Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, sebagai tuan rumah pertemuan tahunan yang ketiga kalinya ini.

Mengingat, kata dia, masyarakat Sumatera Barat yang sebagian besar berasal dari etnis Minang adalah masyarakat yang religius dan juga kuat semangat keagamaannya.

Irwan berharap, berkumpulnya para ulama dan da’i dari berbagai negara ini akan menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi umat.

Baca Juga

“Tentu kita mengharapkan keluarnya rekomendasi atau pedoman berkaitan dengan dakwah dari pertemuan ini,” ujarnya seperti dilansir Islamic News Agency (INA), kantor berita yang diinisiasi Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Senin (17/7/2017).

Pertemuan yang mengangkat tema tentang persatuan umat ini diselenggarakan oleh Yayasan al-Manarah al-Islamiyah dan Pemerintah Kota Padang. Dan akan berlangsung hingga Kamis (20/07/2017) mendatang.

Turut hadir dalam acara pembukaan di antaranya, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Dewan Penasihat Yayasan Al-Manarah Al-Islamiyah Syeikh Kholid Al-Hamudi, Duta besar Saudi Arabia untuk Indonesia Syeikh Usamah bin Muhammad Al -Syu’aiby.

Hadir pula Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Ketua Ikatan Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara, KH Zaitun Rasmin, mantan Presiden Sudan Abdel Rahman Swar Al-Dahab, Imam Masjidil Haram, Mufti Mauritania dan Menteri Srilanka.

Perhelatan ketiga ini diikuti oleh sekitar 400 dai/ulama dari Indonesia dan Asia Tenggara, Eropa serta Afrika. Tak hanya Multaqo dai dan ulama, pertemuan empat hari ini juga menggelar Konferensi Nasional Jurnalis Muslim, 18-19 Juli, yang pesertanya berasal dari media-media Islam dan mainstream. (Yahya G Nasrullah/INA)

Baca Juga