Kutuk Myanmar, Aktris Hollywood Angelina Jolie Desak Suu Kyi Hentikan Kekerasan terhadap Rohinya

Aung San Suu Kyi

NEW YORK (SALAM-ONLINE); Bintang film Hollywood Angelina Jolie mengutuk keras tindakan persekusi terhadap Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Jolie yang juga aktivis kemanusiaan, mendesak pemimpin de fakto Myanmar, Aung San Suu Kyi yang pernah mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian, untuk segera bertindak mengakhiri kekerasan terhadap Muslim Rohingya di Rakhine state.

“Sangat jelas bahwa kekerasan yang dilakukan oleh tentara Myanmar perlu dihentikan, pengungsi harus diizinkan kembali, dan masyarakat Rohingya harus diberi hak-hak sipilnya,” kata Jolie seperti dilansir Jersey Evening Post, Ahad (17/9).

Jolie berharap, dalam situasi seperti ini, Suu Kyi dapat menyuarakan hak asasi manusia (HAM).

Baca Juga

Seperti diketahui, Suu Kyi dikritik dunia internasional karena dirinya bungkam soal kekerasan yang terjadi terhadap Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Muslim Rohingya telah menghadapi puluhan tahun penindasan yang dilakukan oleh militer Myanmar dan mayoritas penduduk Budha di Burma, di mana mereka ditolak kewarganegaraannya.

Krisis saat ini menyebabkan lebih dari 410.000 Rohingya melarikan diri ke Bangladesh dalam tiga pekan terakhir. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Jersey Evening Post

Baca Juga