hit tracker

Tentang Kami

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Wallaahu yad’uu ilaa daarissalaami wayahdii man-yasyaa-u ilaa shiraathim-mustaqiim …

“Dan Allah mengajak (manusia) ke Darussalam (surga) dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus,” (QS Yunus: 25).

SALAM-ONLINE.COM

Kenapa SALAM? SALAM hadir untuk memberikan informasi yang valid dari sisi yang berbeda, sebagai penyeimbang berita yang kerap kita rasakan bias, di samping  pembentukan opini yang benar. Nama ini cukup netral, enak disebut, familiar di telinga. SALAM, dari bahasa Arab, berarti selamat, damai, pembawa & penyebar rahmat, rahmat bagi alam semesta, kasih & sayang.

SALAM, sebagaimana ISLAM, yang berarti tunduk, patuh, berserah diri, jiwa & raga hanya kepada Allah, senantiasa membawa kedamaian & keselamatan, tetapi siap memerangi manusia-manusia pemberontak dan pembangkang, yang memerangi Diinullah dan kaum Muslimin,  sehingga dunia ini menjadi aman, nyaman, damai, tak dikuasai oleh orang-orang yang hobinya membangkang Robb, Penguasa Jagat Raya ini.

Allah, sebagaimana dalam surah Yunus ayat 25 di atas, mengajak kita (manusia) ke tempat penuh keselamatan dan kedamaian (Darussalam), dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus. Harapannya, melalui salam-online.com ini kita mampu menghadirkan berita, analisa peristiwa dan tulisan-tulisan yang mengajak pada jalan keselamatan, kedamaian & lurus, dengan sajian yang benar, jujur, adil & berimbang.

Dengan latar di atas, maka kehadiran situs berita & analisa ini sangat perlu, meskipun situs sejenis sudah ada, termasuk web dengan latar Islam. Kehadiran salam-online.com, diharapkan bisa lebih mewarnai, menambah dan melengkapi  situs yang sudah muncul lebih dahulu, atas dasar turut melaksanakan firman Allah Subhanahu Wata’ala:

“Ajaklah (manusia) kepada Jalan Rabb-mu dengan hikmah (tegas & benar), dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Rabb-mu, Dialah yang lebih megetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk,” (QS an-Nahl: 125).

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali (akibat) perbuatanmu itu,” (QS al-Hujurat: 6).

Visi: Mengendalikan Informasi,  Memberi Advokasi

Misi:

  1. Menjaga akidah, membina ukhuwah, membangun izzah & akhlak umat.
  2. Memberikan informasi yang benar & jujur dengan opini dari sisi yang berbeda tapi  cerdas.
  3. Meluruskan informasi yang bias, menyimpang & menyesatkan.
  4. Menyajikan analisa peristiwa yang adil, berimbang dan tajam berdasarkan fakta. Adil, yakni menempatkan suatu peristiwa  sesuai tempatnya, berdasarkan al-Haq, yang merujuk kepada aturan & ketentuan Allah Subhanahu Wata’ala & Rasul-Nya, Berimbang, yakni melakukan tabayyun (cek & ricek), khususnya berkaitan dengan kasus-kasus keumatan, dan
  5. Menghadirkan tulisan-tulisan yang mencerahkan dan memberikan tuntunan.

Fungsi:

Fungsi Pers salam-online.com sebagai rahmatan lil ‘alamin adalah:

  1. Mudaafi’ (memberikan advokasi/pembelaan) terhadap beragam kasus publik & umat.
  2. Mustaqiimah (meluruskan & meng-counter) informasi & berita yang sering bias & menyesatkan.
  3. Mubayyin  (menafsirkan & menjelaskan), yakni memberikan interpretasi terhadap peristiwa & berita yang tengah berkembang (interpretative reporting).
  4. Musyajji’ (berani), dalam arti berani menyampaikan yang benar, meski terasa pahit, sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Qulil haqq walawkaana murran.”
  5. Muaddib (mencerdaskan), dengan tulisan-tulisan yang membangun, mendidik & mencerahkan.
  6. Muwahhid (mempersatukan), yang berarti media ini harus tampil sebagai pemersatu, membangun ukhuwah umat di dunia ini. Dengan demikian, salam-online.com merupakan media independen yang tidak berpihak pada satu kelompok tertentu, tetapi hanya berpihak pada yang benar (al-Haq).

Tagline: Berpihak pada yang Benar

Bergabung dengan kami di halaman Facebook: salam-online.com dan follow kami di Twitter: salam-online.com